alhijaz indowisata Tips persiapan berangkat umroh harus Anda laksanakan sejak awal agar saat beribadah di Tanah Suci bisa lebih khusyu. Mungkin Anda sudah tahu, bahwa berangkat umroh ke Tanah Suci tak hanya sekedar membayar sejumlah biaya ke biro perjalanan, lantas bisa ke Mekkah dan Madinah. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, terutama fisik, mental, finansial dan perlengkapan. Jika persiapan tersebut diabaikan, Anda mungkin tidak akan bisa menjalankan ibadah dengan tenang.

Tips Mempersiapkan Keberangkatan Umroh

Hal-hal berikut ini harus Anda persiapkan dengan baik sebelum mengunjungi Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah umroh:

Menentukan Pilihan Keberangkatan

Umumnya, ada dua tipe umroh yang dilakukan oleh sebagian besar jemaah di Indonesia. Pertama, umroh yang segalanya, mulai dari tiket, hotel, pemandu dan land arrangement diatur oleh biro perjalanan. Jadi, Anda tinggal membayar jasa mereka tanpa memikirkan prosesnya. Kedua, umroh backpacker yang banyak dipilih oleh jemaah belakangan ini. Umroh tipe kedua ini bisa dilakukan secara individu maupun kelompok tanpa memakai jasa biro. Meskipun memberi keleluasaan bagi jemaah, tapi segala hal yang dibutuhkan harus diurus sendiri.

Memilih Biro Perjalanan Terbaik

Untuk mendapatkan biro perjalanan yang tepat dan terpercaya, Anda harus melakukan riset. Pastikan biro perjalanan umroh tersebut sudah terdaftar secara resmi dan banyak jemaah yang menggunakan jasanya. Minta testimoni dari pelanggan lama untuk mengetahui reputasi dan kredibilitas biro. Terakhir, Anda dapat melihat paket beserta harga yang ditawarkan sebagai bahan pertimbangan.

Persiapan Fisik Sebelum Melakukan Perjalanan

Pada dasarnya, pelaksanaan umroh mirip dengan ibadah haji. Jemaah akan melakukan perjalanan di berbagai tempat sambil menunaikan ritual yang diwajibkan. Umumnya, umroh di Tanah Suci menghabiskan waktu sekitar 3-4 hari sampai tuntas, setelah itu Anda bisa melakukan aktifitas bebas.

Tapi, selama 3 hari tersebut, fisik Anda akan dikuras sampai kelelahan pun tak bisa dihindarkan. Jadi, pastikan untuk melatih fisik sebelum berangkat untuk mencegah sakit yang bisa menghambat ibadah Anda.

Melakukan Vaksinasi

Udara di Arab Saudi cenderung lebih panas dan berdebu dibanding Indonesia, sehingga kemungkinan bisa membuat Anda jadi rentan sakit, bahkan tanpa melakukan aktifitas apapun. Untuk menghindari tubuh sakit karena bakteri dan virus yang dibawa oleh debu, Anda bisa melakukan vaksin, seperti jenis meningitis atau vaksin tambahan lainnya. Karena kawasan tersebut dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia, kemungkinan terjadinya kontak dan penularan penyakit sangat besar.

Selain hal-hal di atas, tentunya Anda harus menyiapkan batin dengan maksimal. Karena bila batin telah siap, ibadah akan berjalan dengan lancar, tanpa halangan. Semoga bermanfaat dan Anda bisa mempraktikkan tips persiapan berangkan umroh dengan baik.