Posisi Sungsang Pada Kehamilan 8 Bulan

Posisi sungsang pada kehamilan 8 bulan dirasakan oleh saya. Sebetulnya usia kehamilan saya saat ini belum tepat 8 bulan, tapi 7,5 bulan. Setelah cek ke dokter kandungan dan didapatkan janin dalam posisi sungsang. Saya tidak terlalu kaget karena waktu kehamilan pertama pun pernah mengalami posisi sungsang. Kali ini saya coba mengulas posisi sungsang pada kehamilan 8 bulan ini.

Apa itu Posisi Sungsang?

Sungsang adalah posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal.

Karena janin di trimester akhir rajin bergerak, dalam 12 jam bisa bergerak sebanyak 10 kali. Sehingga pasti ada kalanya janin dalam posisi sungsang. lalu apa terus bergerak tak berhenti? Menurut dokter sampai usia kehamilan 34 minggu janin relatif terus bergerak dan bisa kembali kedalam posisi normal, jadi tak perlu risau karena janin masih berpotensi dalam posisi normal hingga usia 34 minggu.

Penyebab Posisi Sungsang

Pada dasarnya secara fisiologis janin akan bergerak hingga menemukan posisi yang nyaman untuk dia. Nah mungkin saat ini posisi yang nyaman bagi dia adalah posisi sungsang. Lalu adakah penyebab mengapa posisi yang nyaman itu adalah posisi sungsang bagi janin ? ini beberapa penyebabnya :

  1. Sering mengangkat benda berat.
  2. Sering menggendong anak. Nah menurut dokter ini penyebab yang saya alami. Memang benar karena saat ini dikehamilan besar, saya masih sering menggendong anak pertama yang berusia 18 bulan. Sebetulnya terasa berat menggendong anak, namun seringkali tak tega ketika melihat anak ingin digendong. Jadi ya terpaksa saya gendong meski resikonya sungsang ini.
  3. Bentuk rahim tidak normal.
  4. Ibu ada tumor panggul, tumor rahim, air ketuban yang berlebihan, janin kecil tidak sesuai dengan usia kehamilan, prematur, dan lainnnya.

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai apa itu sungsang dan apa saja penyebabnya, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk anda semuanya. Untuk para bunda yang sedang hamil sehat-sehat selalu ya, aamiin!