Perbedaan Kutub Selatan dan Kutub Utara yang harus kalian tahu dan pahami

kutub

Dalam pelajaran SD dulu, kami tentu saja udah menyadari bahwa Bumi mempunyai dua kutub yakni kutub utara dan kutub selatan, di mana ke dua kutub bumi tersebut berada saling berseberangan satu sama lainnya.

Dalam pelajaran SD dulu disebutkan juga, bahwa ke dua kutub bumi tersebut punya sebagian kesamaan layaknya sama-sama dingin, didominasi oleh es, luas, dan terletak diujung belahan dunia yang terlalu susah dijangkau.

Tapi tahukah kamu, ternyata kutub utara dan kutub selatan punya sebagian perbedaan yang memadai mencolok. Nah, biar anda tidak penasaran, bahkan terkecuali sampai beranggap ke dua kutub ini sama, tersebut tersedia rangkumanan perbedaan kutub utara dan kutub selatan. Berikut ulasannya

1. Kutub Utara dan Kutub Selatan Memiliki Nama Lain

Selama ini barangkali kami lebih mengenal ke dua kutub bumi dengan nama arah mata angin saja yakni kutub utara dan kutub selatan. Tapi tahukah anda terkecuali ke dua kutub bumi tersebut punya nama lain Arktik dan Antartika.

Kutub Utara kerap di sebut laut Arktik adalah sebuah lautan beku seluas 5.4 juta mil persegi yang dikelilingi sebuah daratan yang disebut lingkaran Arktik namun Kutub Selatan atau kerap disebut Antartika adalah sebuah daratan dengan luas 6 juta mil persegi yang ditutupi es dan dikelilingi lautan.

2. Ternyata Kedua Kutub ini Memiliki Suhu Yang Cukup Jauh Perbedaannya

Perbedaan kutub utara dan kutub selatan setelah itu yakni persoalan suhu, di mana suhu ke dua kutub ini memadai jauh berbeda. Kalau di kutub utara, rata-rata suhu disana yakni lebih kurang -34 derajat celcius, namun di kutub selatan, ratanya suhunya lebih kurang -49 derajat celcius.

3. Kalau Kutub Utara Memiliki Siklus namun Kutub Selatan Tidak Memiliki Siklus

Perbedaan kutub utara dan kutub selatan yang satu ini memadai mencolok, di mana diketahui es di kutub utara dapat mencair sementara musim panas, kemudian membeku kembali sementara musim dingin. Sedangkan kutub selatan tidak punya siklus layaknya di kutub utara.

4. Perbedaan Dari Segi Populasi Manusia Yang Tinggal Disana

Kalau berbicara dari faktor populasi, perbedaan kutub utara dan kutub selatan termasuk memadai mencolok, di mana di kutub utara tercatat tersedia lebih kurang 4 juta jiwa yang tinggal disana. Berbeda jauh di kutub selatan, yang tinggal disana cuma para peneliti dan ilmuwan saja.

5. Perbedaan Dari Segi Wilayahnya

Walaupun dari faktor populasi kutub utara ditinggali lebih kurang 4 juta jiwa namun kutub selatan cuma ditinggali para peneliti dan ilmuwan saja, namun faktanya biasanya lokasi di kutub utara cuma air yang membeku, berlainan dengan lokasi kutub selatan yang berupa daratan tertutupi es.

6. Perbedaan Dari Segi Kekayaan Alam

Kutub utara dan kutub selatan termasuk punya perbedaan yang memadai mencolok dari faktor kekayaan alam, apabila cadangan minyak mentah. Di kutub utara cadangan minyak mentah terlalu melimpah, namun kutub selatan tidak punya satupun kilang minyak.

7. Perbedaan Dari Segi Jarak

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa lokasi kutub utara sebagian besar adalah air yang membeku, namun kutub selatan adalah daratan yang tertutupi es. Tapi tahukan anda terkecuali kutub utara berjarak lebih kurang 700 km dari daratan dan kutub selatan berjarak lebih kurang 1300 km dari lautan.

8. Perbedaan Dari Segi Habitat Hewan

Mungkin selama ini kami menyadari bahwa hewan layaknya beruang kutub dan penguin tinggal di daerah yang dingin layaknya di kutub. Tapi tahukah kamu, terkecuali beruang kutub dan penguin punya habitat yang berbeda.

Kalau habitat beruang kutub tersedia di kutub utara, disana tak hanya beruang kutub termasuk tersedia rusa kutub, serigala kutub, dan anjing laut. Sedangkan habitat penguin berada di kutub selatan, disana termasuk tersedia habitat ikan paus, dan anjing laut.

9. Lantas, Negara Mana yang Memiliki Kedua Kutub Bumi Ini?

Sejauh ini tersedia sebagian negara yang udah mengklaim punya lokasi ke dua kutub bumi ini. Kalau lokasi kutub utara diklaim dimiliki Kanada, Denmark, Norwegia, Rusia, dan Amerika Serikat, namun lokasi kutub selatan diklaim dimiliki oleh negara Argentina, Australia, Chili, Perancis, New Zealand, Norwegia, dan Britania Raya.

Nah, itulah perbedaan kutub utara dan kutub selatan yang memadai mencolok. Tapi sayangnya ke dua kutub ini mengalami persoalan yang sama yakni pemanasan world yang udah mengakibatkan kerusakan es alami di ke dua kutub ini.