Perbedaan antara haji dan umroh memang masih sulit disebutkan oleh kebangakan orang. Padahal sebagai seorang muslim kita sudah sepatutnya mengetahui dengan jelas perbedaan antara kedua ibadah ini.

5 Perbedaan Haji Dan Umroh

Ya meskipun kedua ibadah ini sama-sama dilakukan di Baitullah, namun terdapat perbedaan yang jelas antara keduanya. Untuk lebih jelasnya berikut akan kami paparkan beberapa perbedaan ibadah haji dan umroh.

  1. Dari Segi Hukum

Perbedaan yang pertama antara ibadah haji dan umroh terletak pada hukumnya. Ibadah haji merupakan salah satu rukun islam yang menyerukan setiap umat islam yang mampu secara fisik dan materi wajib melaksanakan ibadah haji seumur hidup sekali. Sedangkan untuk ibadah umroh termasuk ke dalam sunnah muakad yakni sunnah yang diutamakan.

  1. Dari segi waktu

Perbedaan kedua adalah dari segi waktu pelaksanaannya. Ibadah haji hanya dapat dilakukan pada bulan Djulhijah, tepatnya dari tanggal 9 hingga 11 Djulhijah. Sedangkan ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja sesuai keinginan kita, kecuali 4 hari yaitu har arafah (9 Djulhijah), hari nahar (10 Djulhijah) dan hari tasyrik (11,12,13 djulhijah).

  1. Dari segi tempat

Kedua ibadah ini memang dilaksanakan di Makkah Al Mukarromah, namun untuk ibadah haji sebagian rukunnya harus dilakukan di luar kota makkah.

  1. Dari segi rukun

Perbedaan kedua ibadah ini juga terletak pada rukun dan tata cara pelaksanannya. Untuk ibadah umroh tata cara peaksanannya yaitu ihram, thawaf, sya’i dan tahallul. Sedangkan untuk ibadah haji tata cara pelaksanannya yaitu  termasuk semua  rukun umroh dengan penambahan 3 rukun lainnya yaitu wukuf di Arafah, menginap di Muzdhalifah serta melempar jumroh di Mina.

  1. Dari tingkat keramaian

Perbedaan lainnya antara haji dan umroh dapat kita lihat dari tingkat keramaiannya. Ibadah haji memiliki tingkat keramaian yang jauh lebih tinggi dari umroh. Hal ini dikarenakan ibadah haji hanya dapat ditunaikan 1 kali dalam seahun, sedangkan ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja. Karena tigkat keramaiannya yang terlampau tinggi jadi tidak heran jika dalam pelaksanannya sampai ada orang yang meninggal karena berdesakan saat menunaikan rukun haji.

Itulah beberapa hal yang patut anda ketahui mengenai perbedaan antara haji dan umroh.