kesalahan para pelamar kerja

Kesalahan Pelamar Kerja

Ketatnya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan yang layak harus mendorong kita untuk terus memperbaiki diri agar terus lebih baik. Jika selama ini anda selalu ditolak oleh perusahaan, mungkin beberapa hal berikut ini pernah anda lakukan. Jika ya, maka anda tinggal ubah dan coba lagi melamar pekerjaan di perusahaan yang lain

Berikut ini adalah kesalahan yang umumnya dilakukan oleh para pelamar pekerjaan. Baca dan jangan lakukan kesalahan yang sama

Sebagian besar pelamar tidak berusaha untuk membuat Curiculum Vitae yang menarik untuk para rekruter.  Melalui CV ini seharusnya para pelamar pekerjaan mampu menghipnotis rekruter agar mereka memutuskan untuk memanggil anda dalam sesi wawancara.

Pelajarilah bahasa marketing. Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang benar. Bagaimana menawarkan diri anda kepada rekruter sehingga mereka tertarik dengan anda. Terkadang anda sudah memenuhi syarat syarat pekerjaan yang mereka butuhkan. Tapi, karena anda menyajikannya dengan cara yang tidak menarik membuat mereka tidak tertarik untuk memanggil anda pada sesi wawancara.

Menyesuaikan penampilan. Ketika anda diberikan kesempatan untuk mengikuti sesi wawancara, maka tampillah dengan professional dan tepat. Profesional berarti anda mengikuti budaya umumnya pada dunia kerja, seperti memakai sepatu, kemeja dan celana panjang resmi.

Tepat berarti anda menyesuaikan pakaian anda dengan orang-orang yang berada di perusahaan tersebut agar tidak terlihat norak dan berbeda dengan mereka.

Terlalu focus pada yang akan didapatkan. Sebagian besar pelamar kerja/pencari kerja lebih banyak memikirkan tentang apa yang akan didapatkannya di perusahaan tersebut. Padahal, pada awal bekerja seharusnya mereka lebih focus pada sesuatu yang bisa diberikan pada perusahaan. Sehingga dengan kehadiran dia, perusahaan semakin maju.

Tidak percaya diri. Sebagai seseorang yang memiliki skill, tentu anda diharapkan percaya diri dengan kemampuan anda. Jika anda sendiri tidak yakin dengan kemampuan anda, bagaimana dengan calon perusahaan tempat anda bekerja, pasti mereka lebih tidak yakin lagi.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang umum dilakukan pencari kerja/pelamar pekerjaan ketika melamar pekerjaan di perusahaan. Silahkan evaluasi diri anda, jika anda melakukan kesalahan yang sama, maka ubahlah agar anda tidak melakukan hal yang sama. Oh ya, terakhir. Jika anda memutuskan untuk membuat surat lamaran kerja tulis tangan, silahkan lihat contoh surat lamaran kerja tulis tangan berikut.

Mudah-mudahan informasi singkat ini bermanfaat bagi anda semua. Terima kasih.