Cara Scan Dokumen

Perkembangan teknologi yang cukup pesat telah merubah banyak sistem yang tadinya dikaukan dengan manual menjadi otomatis dan yang analog menjadi digital. Surat – menyurat merupakan salah satu contoh kecilnya. Dulu mungkin anda masih ingat ketika mengirim surat lamaran pekerjaan via pos. Sekarang lambat laun berganti ke surat elektronik atau email.

Cara Scan Dokumen

Tentu saja untuk melampirkan berkas berupa dokumen ijazah, transkirp nilai, dan banyak sertifikat lainnya anda harus memiliki file digital yang bisa diakses dan dikirim dengan email. Cara membuatnya adalah dengan cara discan. Untuk persiapan anda, di sini penulis ingin sedikit berbagi informasi tentang beberapa cara scan dokumen yang bisa digunakan saat ini.

1 – Cara Scan Dengan Alat Scaner

Cara ini relatif praktis dan mudah karena anda hanya tinggal pergi ke tempat fotocopy atau jilid, ke rental komputer dan tempat lain sejenisnya. Anda datang dengan membawa dokumen tersebut untuk discan. Biasanya ada biaya scan per halaman. Tarifnya tidak mahal namun anda tidak perlu ribet, tinggal tunggu beberapa menit, file anda sudah bisa dipindahkan ke flashdisk anda.

2 – Cara Scan Dengan Printer

Cara yang kedua anda membutuhkan satu perangkat yang bisa anda gunakan untuk scan yaitu printer khusus scaner. Sekarang banyak sekali printer 3 in one. Printer, fotocopy & scan. Cara scan dokumen dengan printer juga tidak sulit, karena menu dan software sudah tersedia di komputer anda. Anda hanya tinggal memasukan dokumen yang akan discan kemudian jalankan perintah scan dari komputer anda.

3 –  Cara Scan Dengan Android

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa HP yang dipakainya memiliki potensi yang lebih apabila tau bagaimana cara memanfaatkannya. Sekarang banyak sekali aplikasi yang memungkinkan kita untuk melakukan scan dokumen menggunakan HP. Cara kerjanya sebenarnya sama dengan kamera, hanya saja ditambah menu editing yang praktis dan khusus sehingga menghasilkan gambar seperti hasil scan.

Mana yang akan anda pilih ? Satu atau anda gunakan ketiganya tidak jadi soal selama anda menggunakannya untuk hal – hal yang tidak melanggar hukum. Sekian, semoga bermanfaat.