Sekian waktu akhir-akhir ini, pemakaian henna jadi tren sendiri di kelompok orang-orang moderen. Henna dulunya di kenal jadi tato temporer dari orang-orang India, Timur Tengah, serta Asia yang umum dilukiskan di tangan serta kaki jadi penghias penampilan di hari istimewa. Tetapi saat ini, henna seringkali dilukiskan jadi aksesori oleh-oleh dari berlibur, atau sebatas sisi make-up untuk pergi ke pesta atau perayaan.Baca juga di Toko Herbal Karawang

Lazimnya pemakaian henna terakhir juga dikarenakan timbulnya pelukis henna yang menjamur serta mulai memperkenalkan bebrapa design simpel yang buat henna terlihat pas dipakai bahkan juga di hari-hari umum.

Serta bersamaan dengan perubahan ini, henna juga di produksi dengan massal dengan komposisi yang ikut berkembang. Di waktu dulu henna cuma datang dari cairan spesial semacam tanaman yang keluarkan getah hitam. Getah ini beberapa kali sudah lewat beragam penelitian serta dapat dibuktikan rendah resiko alergi.

Umumnya henna alami ini dikemas berbentuk bubuk, yang dicairkan dengan beberapa materi alami seperti teh pekat, air lemon bahkan juga semacam cairan kayu putih untuk menolong hasilkan warna yang kuat, pekat, serta hasil lebih tahan lama.

Cuma saja getah ini relatif lama kering serta terkadang tidak bisa bertahan lama seperti yang diinginkan pemakai. Diluar itu warna henna alami ini cuma hasilkan warna cokelat atau merah jingga dengan dampak yang tidaklah terlalu muncul.

Ini penyebabnya sebagian pabrikan produsen henna mencampurkan henna dengan semacam pewarna buatan yang miliki nama ilmiah para-phenylenediamine (PPD). PPD juga akan berikan dampak pewarnaan hitam pekat pada henna dengan struktur yang lebih kental serta pekat.

PPD sendiri telah familier dipakai pada kombinasi product cat rambut. Sifatnya umumnya tidak beresiko, tetapi dapat mengakibatkan alergi untuk sebagian orang. Mereka dengan kepekaan spesial dapat alami masalah kulit serius karena paparan PPD. Terlebih umumnya henna menempel pada kulit paling tidak sepanjang 4 minggu.

Keadaan dapat jadi berat apabila pasien memakai type henna pabrikan kecil yang seringkali di produksi dengan memberikan beberapa senyawa minyak pelarut yang nyatanya makin banyak mempunyai agen alergi. Sebagian senyawa minyak pelarut ini diantaranya kerosin serta petrol yang adalah type bahan bakar kendaraan.

Langkah mudah untuk tahu apakah Anda alergi dengan henna pabrikan ini cukup hanya meihat reaksinya pada kulit. Umumnya reaksi juga akan selekasnya dirasa sekitaran 2 – 3 jam sesudah henna dilukiskan di kulit Anda. Tanda awal dapat berbentuk rasa geli, panas, serta gatal di ruang yang dilukiskan henna.

Pada umumnya di bawah ini gejala-gejala dari alergi henna yang butuh Anda ketahui.

Sinyal sisa kemerahan di kulit tempat henna dilukiskan. Terkadang berupa seperti pembengkakan, terkadang berbentuk bintik-bintik kecil menyusuri lekukan lukisan

Rasa gatal perih keluar pada ruang kemerahan

Keluar lepuhan kecil diisi air serupa seperti tanda kulit terbakar.

Terkadang dibarengi demam serta rasa pegal di sekitar luka.

Sebagian pasien alami yang dirasakan alergi yang lebih serius hingga mengakibatkan pasien alami demam tinggi, sesak nafas, mata berair serta kemerahan, pembengkakan serta dampak sakit kepala enteng hingga berat.

Siaga dengan PPD!

Seperti diterangkan terlebih dulu, kalau henna alami sesungguhnya cukup aman untuk yang miliki alergi. Tetapi bila Anda memakai type henna pabrikan berwarna hitam, jadi Anda memberikan resiko alergi henna pada diri Anda. Henna hitam sesungguhnya yaitu type henna tidak alami yang sudah ditambahkan komponen PPD.

Bila keluar reaksi alergi seperti dijelaskan diatas, Anda tidak tengah alergi dengan henna, tetapi dengan senyawa kimia PPD yang mempunyai kekuatan membakar kulit. PPd sendiri dapat juga Anda temui pada type pewarnaan beda seperti pewarna rambut serta alis. PPD berbentuk lebih tahan lama bahkan juga pada komposisi yang tinggi dapat hasilkan warna yang juga akan baru dapat memudar sesudah 2 – 5 bln. sesudah aplikasi.

Itu penyebabnya, bila Anda mulai rasakan tanda alergi sesudah gunakan henna hitam, baiknya Anda juga hindari pewarna rambut. Sebagian pasien yang terlebih dulu tidak mempunyai alergi pada pewarnaan rambut juga akan memberikan reaksi berat pada pewarnaan rambut saat alami alergi henna.

Berdasar pada analisis Dr. Lisa Bickerstaffe dari the British Skin Foundation, alergi henna pabrikan dapat menyebabkan system imunitas badan mempunyai kekuatan mengetahui ciri-khas dari PPD serta mengidentifikasinya jadi racun. Ini mengakibatkan badan lalu memberikan reaksi alergi yang sama saat kulit terkena PPD sesudah 1x berlangsung alergi henna.

Sebaiknya lakukan uji alergi pada kulit sebelumnya Anda menggambarkan henna serta memberi warna rambut. Apabila telah lulus uji alergi, tetaplah kerjakan uji alergi ini sebelumnya memakai henna serta pewarna rambut di kali selanjutnya. Sekian anjuran dari Dr. Lisa Bickerstaffe.

Anda juga dianjurkan untuk siaga dengan kandungan p-Phenylenediamine atau Toluene-2, 5-diamine pada daftar kandungan dari henna atau pewarna rambut. Ini menolong Anda mengidentifikasi senyawa ini lebih awal.

Langkah Menangani Alergi Henna

Menurut Bruce Nadler, MD, dari WebMD, alergi henna dapat diatasi cukup hanya mengolesi salep kortisol pada ruang iritasi. Jauhi paparan air apabila terlihat sangat merah untuk menghindar kulit melepuh. Semakin lebih baik bila selekasnya diatasi dengan salep kortisol pas saat rasa gatal mulai keluar serta sinyal merah mulai terlihat. Ini menghindar kulit makin teriritasi.

Anda dapat kerjakan sebagian aksi antiseptik sebelumnya aplikasi henna serta sesudah aplikasi henna hingga mengecilkan resiko iritasi yang serius. Paling tidak ini dikerjakan oleh beberapa besar pasien alergi henna taraf enteng. Sebagian pasien juga mengakui memakai therapy aloevera serta kompress teh hijau untuk menolong meredakan alergi dengan oral.

Tetapi apabila luka yang keluar makin serius serta Anda alami iritasi berat serta serius, pasien mesti lakukan terapi spesial dengan penyembuhan type intravena untuk meredakan inflamasi yang terjadi.

Lukisan henna memanglah eksotis serta memikat, namun Anda terang mesti siaga pada resiko yang mungkin saja berlangsung. Seperti dianjurkan oleh Dr. Lisa Bickerstaffe, yakinkan Anda lakukan uji alergi sebelumnya kenakan type henna pabrikan. Ini menolong Anda menghindar alergi henna menyerang, serta tampilan Anda yang menarik juga akan tidak terganggu karna alergi kulit.